Kualitas Tidur Pengaruhi Usia

Berapa lama kita tidur tiap malam ?Berapapun jumlah jam tidur, pastikan saat bangun dipagi hari Tubuh segar dan tak mengantuk lagi.

Tidur merupakan kebutuhan kita yang harus dipenuhi dengan baik dan merupakan hak bagi tubuh untuk rehat sejenak dari penatnya rutinitas.

Tetapi masih banyak dari kita yang mengabaikan manfaat TIDUR ,Padahal kualitas TIDUR YANG BAIK berdampak panjang pada kualitas HIDUP KITA.

Tidur adalah saat nonaktif alami , dimana semua kegiatan motorik ataupun sensorik diturunkan.jika terpenuhi akan membuat kita bangun dengan rasa segar,sehat, dan penuh vitalitas.

Tidur yang tidak sehat atau tidak berkualitas ditandai dengan gejala yang cukup sederhana yaitu bangun kurang segar dan siang cenderung mengantuk.Sayangnya, tanda-tanda mengantuk sering kali tidak dikenali.

Akibat tidur sehat tak kunjung didapat , seperti :
- Daya tahan tubuh menurun
- Kondisi emosi labil
- Kemampuan kognitif atau berpikir jadi merosot
- Sulit konsentrasi
- Ketelitian menurun
Dan pada akhirnya PRODUKTIVITAS TERGANGGU.Bahkan,berakibat gangguan fisik mulai dari Sakit Kepala,hipertensi,diabetes,gangguan jantung,hingga stroke

Maka terjadi penurunan fungsi Otak berupa turunnya konsentrasi ,kreativitas,kewaspadaan dan kemampuan refleks.

Selama tidur yang terjadi didalam tubuh adalah proses untuk menjaga tingkat energi,restorasi sel tubuh yang rusak,peningkatan daya tahan tubuh,proses keseimbangan hormonal untuk kesehatan,merawat fungsi otak dan dapat memperbaiki telomere kita yang mampu memperpanjang usia kita.

TELOMERE adalah bagian dari untai DNA yang berada diujung DNA linear yang berfungsi melindungi dan menjaga kestabilan pembelahan sel dalam tubuh.Yang akan mengawal pertumbuhan sel agar tetap berada dijalurnya,tidak berkembang menjadi sel yang bersifat merusak apalagi KEGANASAN.

SISTEM IMUM atau DAYA TAHAN TUBUH MANUSIA HANYA BEKERJA OPTIMAL DISAAT KITA TIDUR.

Gangguan tidur yang lazim dialami oleh sleep apnea ( dengan gejala mendengkur ) dan hipersomia

Untuk kesehatan Jantung , sleep apnea lebih berbahaya dibanding obesitas,kadar kolestrol tinggi atau merokok dan bisa berujung kematian.

**** KOPI sebaiknya hanya dikonsumsi di pagi hari , sebab kafein akan bekerja selama 12 jam sejak diminum.

Www.lisajeunesse.blogspot.com
Wa : 082233233949
Pin : 2AE55DEB

Semoga bermanfaat




Lisa Huang

Posting Komentar

0 Komentar