Manfaat Massage Bagi Kesehatan


Pijat atau yang sekarang lebih populer dengan sebutan massage sebenarnya sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Bahkan, kini massage telah diakui di dunia medis. Padahal sebelumnya ada desas-desus yang mengatakan bahwa massage tidak baik untuk kesehatan. 

Tapi desas-desus tersebut terbantahkan seiring dengan adanya pengakuan dari dunia medis.

Mulanya, massage sering dilakukan oleh orang-orang di pedesaan. Namun karena khasiatnya terbukti, kini hampir seluruh lapisan masyarakat mengakuinya dan malah rutin melakukan massage. Aktivitas sehari-hari yang sangat padat membuat tubuh lelah dan kaku membutuhkan pelemasan. Salah satunya ialah dengan massage.

Seiringa perkembangan zaman, massage kini terbagi menjadi beberapa macam teknik, diantaranya pijat refleksi, pijat tradisional, pijat Thailand, dan pijat Jepang. Dari beberapa macam teknik massage, hampir keseluruhannya memiliki fungsi yang sama. Fungsi massage ialah untk melemaskan otot yang kaku karena kelelahan. Tapi di samping itu, masih banyak manfaat lain dari massage. Berikut papasemar himpun untuk Anda.

Mengurangi Rasa Lelah

Pijatan yang dilakukan pada otot-otot kaku memberikan stimulasi pada otak untuk rileks dan melepaskan rasa lelah yang masih mengganjal di tubuh. Sensasi rileks dan bebas pun akan dirasakan setelah otot menjadi kendur kembali. Selain itu, otot-otot yang kaku benar-benar akan menjadi lemas. Tentunya harus dilakukan dengan teknik yang benar.

Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir jika tubuh menjadi sedikit sakit pada bagian yang dipijat. Biasanya berlangsung sehari setalah melakukan massage. Hal itu terjadi karena otot yang kaku masih kaget menerima tekanan dari tangan yang memaksa untuk melemaskan otot yang kaku tersebut.

Detoksifikasi Racun
Manfaat yang dirasakan oleh tubuh setelah massage ialah terjadinya detoksifikasi racun. Pijatan yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan kelenjar getah bening. Bersama dengan darah, kelenjar getah bening bertugas untuk menyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Selanjutnya, darah dan kelenjar getah bening tasi akan mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Secara tidak sadar, aktivitas yang padat membuat Anda memiliki timbunan racun dalam tubuh. Untuk itu, ada baiknya menjaga kesehatan tubuh dengan malakukan massage secara rutin. Karena salah satu manfaat massage adalah membuang racun di dalam tubuh. Karena sesungguhnya racun yang menimbun di dalam tubuh sangat membahayakan kesehatan.

Melancarkan Peredaran Darah

Gerakan pijat yang mengurut sesuai dengan aliran peredaran darah sangat berpengaruh untuk peredaran darah dalam tubuh. Bila ternyata peredaran tubuh Anda sedikit terhambat karena otot terlalu kaku, maka massage merupakan solusi yang baik. Selain itu, gerakan pijat juga berfungsi untuk meningkatkan nutrisi sehingga bisa memberi makanan pada sel-sel tulang.

Jika makanan pada sel tulang terpenuhi, makan gerakan di persendian pun meningkat. Jadi, apabila Anda memiliki masalah pada persendian, maka massage adalah solusi terbaik untuk memecahkan masalah Anda.


Melarutkan Lemak


Gerakan pijat yang dilakukan dengan teknik menekan sambil memijat, menghentak sambil memijat, diselingi tekan tepukan pada tubuh,dan pukulan kecil pada bagian yang kaku dapat membantu melarutkan lemak yang terkandung pada tubuh. Walaupun lemak yang larut tidak banyak, tapi hal itu cukup baik ketimbang tubuh harus menimbun lemak yang semakin hari semakin menggunung.

Lemak yang larut saat dipijat itu mampu membantu proses pembakan tubuh. Lemak yang digunakan saat pembakan berfungsi sebagai tenaga bagi tubuh.


Mampu Meningkatkan Fungsi Jaringan Otot

Pijatan yang dilakukan searah dengan peredaran darah sangat berpengaruh untuk peredaran darah dalam tubuh. Bila ternyata peredaran tubuh Anda sedikit terhambat karena otot terlalu kaku, maka massage merupakan solusi yang baik. Selain itu, gerakan pijat juga berfungsi untuk meningkatkan nutrisi sehingga bisa memberi makanan pada sel-sel tulang.
Jika makanan pada sel tulang terpenuhi, makan gerakan di persendian pun meningkat. Jadi, apabila Anda memiliki masalah pada persendian, maka massage adalah solusi terbaik untuk memecahkan masalah Anda.

Melarutkan Lemak

Gerakan pijat yang dilakukan dengan teknik menekan sambil memijat, menghentak sambil memijat, diselingi tekan tepukan pada tubuh,dan pukulan kecil pada bagian yang kaku dapat membantu melarutkan lemak yang terkandung pada tubuh. Walaupun lemak yang larut tidak banyak, tapi hal itu cukup baik ketimbang tubuh harus menimbun lemak yang semakin hari semakin menggunung.

Lemak yang larut saat dipijat itu mampu membantu proses pembakan tubuh. Lemak yang digunakan saat pembakan berfungsi sebagai tenaga bagi tubuh.

Mampu Meningkatkan Fungsi Jaringan Otot.

Pijatan yang dilakukan searah dengan peredaran darah membuat sirkulasi darah meningkat. Hal tersebut juga berdampak pada meningkatnya nutrisi yang disalurkan ke dalam jaringan otot. Sehingga kekenyalan dan keelastisitasan otot akan bertahan lebih lama dari pada yang biasanya ketika tubuh Anda sedang kaku.

Kekenyalan dan keelastisitasan pada otot yang terjaga dengan baik aka mengurangi rasa lelah dan kaku pada tubuh. Untuk itu, jagalah otot Anda dengan rutin melakukan massage. Lakukanlah minimal sebulan sekali. Tentunya menggunakan jasa yang sudah ahli.

Sistem Pernafasan Lebih Sehat


Gerakan pijat membuat proses pernafasan menjadi lebih teratur. Dengan sendirinya tubuh akan bernapas lebih pelan dan mendalam. Aktivitas bernapas seperti ini akan membuat peredaran oksigen ke sleuruh tubuh lebih mudah utnuk dialirkan. Lancarnya peredran oksigen ke seluruh tubuh membantu proses penyembuhan dan tentunya menyehatkan sistem pernapasan.

Tubuh juga akan semakin terasa ringan dan rileks jika bernapas dengan pelan dan dalam. Aktivitas menarik nafas dalam-dalam kemudian mengeluarkannya dengan pelan sangat baik untuk peredaran darah.

Fungsi Kulit Akan Meningkat

Meningkatnya peredaran darah akan membantu menghasilkan kelenjar minyak. Hasil tersebut akan mengefektifkan produksi keringat. Seperti yang diketahui, aktifnya keringat yang keluarkan berfungsi untuk membuang zat yang tidak lagi diperlukan oleh tubuh. Aktifnya keringat yang keluar juga melarutkan lapisan epidermis paling luar.

Apabila lapisan epidermis larut, maka hal itu akan membuat kondisi kulit menjadi lebih baik. Selain itu, fungsi kulit sebagai daya serap akan lebih meningkat. Sehingga kulit pun akan menjadi lebih halus.

Setelah tahu manfaat dari massage yang sangat baik bagi tubuh dan kesehatan, tentunya harus dipraktikkan agar Anda pun mendapat manfaatnya. Apabila di lingkungan Anda sulit untuk menemui jasa massage, tak perlu khawatir karena Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut tipsnya.

Anda harus membersihkan badan terlebih dahulu. Mandi dengan suhu air yang hangat akan lebih baik. Keringkan tubuh menggunakan handuk yang lembut. Setelah itu oleskan minyak khusus massage atau body lotion pada bagian yang Anda rasa kaku. Ada baiknya lakukan dari bagian atas, yaitu daru bahu sampai ke lengan. Pijat dengan lembut menggunakan kepalan atau remasan tangan pada bagian bahu sampai ke lengan. Gunakan jempol Anda untuk memijat lengan dan telapak tangan. Untuk bagian belakang telinga sampai ke rahang gunakan ujung jari saja.

Apabila Anda merasakan pegal di bagian punggung, gunakan bola karet untuk membantu proses pemijatan. Ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhkan. Letakkan bola di bagian punggung dan jepit di antara punggung dan tembok. Lakukan gerakan melingkar dan atas bawah sampai mengenai titik yang Anda anggap kaku dan pegal. Lakukan berulang sampai dirasa sudah cukup.

Untuk bagian kaki Anda bisa menggunakan remasaan menggunakan tangan. Mulai dari paha sampai ke telapak kaki. Bisa juga bila Anda menggunakan teknik memukul drum agar pijatan lebih terasa. Anda juga bisa menggunakan siku untuk menekan bagian paha yang dirasa cukup besar. Pijatan pada bagian telapak kaki bisa menggunakan jempol tangan. Gerakkan jempol secara melingkar dari tengah ke luar telapak kaki.

Nah, jadi sudah tahu kan manfaat dan tips melakukan massage sendiri. Ayo segera lakukan!


Lisa Huang

Posting Komentar

0 Komentar