Kelapa dan Khasiatnya

Kelapa dan Khasiatnya
Santan kelapa memiliki kandungan lemak jenuh, tetapi ada temuan menunjukkan bahwa kelapa sebenarnya bagus untuk menurunkan berat badan.

Di Asia dan juga orang-orang yang tinggal di pulau-pulau Pasifik yang kaya akan hasil kelapa menggunakan kelapa untuk program dietnya,

Hubungan antara kelapa dan berat badan

Meskipun benar bahwa kelapa banyak lemak jenuh, ilmu yang telah menyebabkan reputasi buruk sehingga kelapa menjadi makanan yang tidak sehat. Jenis spesifik lemak jenuh dalam kelapa dikenal sebagai MCTs (trigliserida rantai menengah).

MCTs metabolisme berbeda dari lemak jenuh lainnya. Tubuh kita menggunakannya untuk energi, dan MCTs hampir tidak pernah disimpan sebagai lemak tubuh. MCTs dimetabolisme hampir seperti karbohidrat, tetapi mereka tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah seperti yang dilakukan karbohidrat.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa MCTs benar-benar dapat meningkatkan tingkat pembakaran lemak, pengeluaran energi, dan mengurangi penyimpanan lemak. Lemak dalam minyak kelapa yang dibakar tiga kali lebih cepat dari lemak biasa lainnya.
  1. Kelapa yang mudah dicerna dan membutuhkan enzim lebih sedikit untuk mencerna, memecah dan menyerap nutrisi penting, seperti vitamin dan mineral. Kelapa dapat menahan rasa lapar Anda, sehingga kenyang lebih lama, yang mengurangi keinginan makanan sebelum waktunya.
  2. Kelapa yang bermanfaat bagi orang-orang dengan metabolisme yang lambat. Kelapa bekerja sebagai pemicu untuk meningkatkan fungsi tiroid regulator kepala tingkat metabolisme.
  3. Minyak kelapa meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, dan membantu mengurangi lingkar pinggang dan kegemukan perut. Dia mengontrol fluktuasi berat badan dan melindungi terhadap resistensi insulin. Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi kelapa untuk diet bisa menurunkan risiko menderita penyakit jantung dan obesitas.
  4. Air kelapa adalah minuman kesehatan dan cara yang ideal untuk menambah cairan tubuh Anda. Ini adalah suatu diuretik dan membersihkan tubuh dari racun dengan lebih mudah.
Bagaimana cara penerapannya?
  1. Tambahkan minyak kelapa untuk diet seimbang untuk menurunkan berat badan dan manfaat kesehatan jangka panjang.
  2. Ganti minyak goreng biasa dengan minyak kelapa murni untuk semua kebutuhan memasak Anda.
  3. Tambahkan potongan kelapa kering dalam salad.
  4. Tambahkan santan dalam salad buah segar atau smoothie yogurt.
  5. Ganti, jus manis dengan air kelapa segar.
  6. Minum santan kara sebungkus kemasan yang kecil 65ml (bisa di tambah jahe dan sedikit garam) boleh di seduh air hangat atau di rebus, konsumsi tiap sarapan dan malam sebelum tidur, akan berefek BAB jadi lancar, sering Buang Air Kecil, berkeringat, sehingga dapat memperceat pembakaran lemak yang selama ini bersarang di tubuh.

Masih ingatkah kita kalau guru kimia atau guru biologi kita waktu di sekolahan dulu seringkali menyebutkan bahwa asam lemak jenuh selalu dijadikan sebagai sumber kolesterol yang menyebabkan penyakit-penyakit berat seperti halnya penyakit jantung koroner salah satu contohnya? 

Kalau kita menghindari kelapa karena kandungan lemak jenuhnya, maka kita telah dengan sengaja dituduh terhadap suatu pandangan yang keliru.

Mengapa bisa begitu? 
Karena sesungguhnya informasi yang benar adalah dari hasil riset atau penelitian dan juga dari hasil literatur, kelapa merupakan salah satu makanan yang luar biasa. Di dalam tubuh asam lemak jenuh langsung diubah menjadi energi, bukan lemak. 

Makanya mengkonsunmsi kelapa, termasuk minyak dan santan kelapa tidak menyebabkan masalah kegemukan / obesitas ataupun meningkatkan kolesterol jahat (LDL). Akan tetapi justru yang terjadi adalah sebaliknya, minyak kelapa mendorong peningkatan kolesterol baik (HDL) yang berperan sebagai pelindung jantung. Bahkan, orang Asia dan Polinesia menyebut kelapa sebagai Pohon Kehidupan.

Satu lagi tuduhan yang selama ini beredar luas di masyarakat adalah bahwa buah kelapa merupakan sumber kolesterol. Tapi apakah benar seperti itu? Apa benar kelapa tinggi akan kandungan kolesterol? Mari kita membahasnya secara tuntas.


Kandungan Lemak dan Kolesterol Kelapa
Satu cangkir kelapa parut mengandung hampir 28 gr lemak total, sedangkan 1 sdm minyak kelapa mengandung 13,6 gr lemak total. Dan penting untuk diketahui, baik kelapa parut maupun minyak kelapa sama-sama tidak mengandung kolesterol sama sekali. Yang menjadi perhatian hanyalah bahwa sebagian besar dari lemak total yang terkandung dalam kelapa parut maupun minyak kelapa adalah jenis lemak jenuh, yaitu lemak yang dianggap sangat buruk bagi kesehatan. Namun penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa lemak jenuh yang terkandung dalam buah kelapa adalah jenis lemak jenuh rantai medium/Asam laurat yang justru dikatakan bermanfaat untuk kesehatan jantung, karena tidak akan meningkatkan kadar kolesterol.

Minyak kelapa/VCO yang mengandung 92% asam lemak rantai sedang ini bisa terus diserap melalui dinding usus sesampainya di saluran cerna, proses ini lebih cepat karena tanpa melalui proses hidrolisis dan enzimatik. Selanjutnya langsung dipasok masuk kedalam aliran darah dan langsung dibawa kedalam organ hati untuk dimetabolisir. Didalam hati VCO diproses menjadi energi saja, bukan kolesterol dan timbunan lemak, energi tersebut digunakan untuk meningkatkan fungsi semua kelenjar endoktrin, organ dan jaringan tubuh.

Manfaat-Minyak-Kelapa-Untuk-KesehatanVCO dapat digunakan pada berbagai makanan atau digunakan untuk mempercantik rambut serta kulit.

Berikut adalah khasiat dan manfaat VCO untuk kesehatan :

1. Asam lauratVCO mengandung hampir 50 persen asam laurat, suatu asam lemak rantai sedang dengan berbagai manfaat kesehatan. ASI merupakan sumber penting lain dari asam laurat.

2. AntimikrobaKarena kandungan asam laurat yang tinggi, VCO memiliki sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus. Tubuh mengubah asam laurat menjadi monolaurin yang bertanggung jawab sebagai penghancur virus. VCO juga dipercaya memperlambat pertumbuhan virus pada pasien HIV / AIDS.

3. Sistem kekebalan tubuhAsam laurat yang ditemukan dalam ASI membantu bayi untuk melawan infeksi. Asam laurat dalam VCO juga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih terlindung terhadap penyakit. Karena diet orang dewasa umumnya rendah dalam asam laurat, VCO merupakan sumber mudah dan ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Kolesterol baikVCO dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sambil mempromosikan peningkatan HDL atau kolesterol baik. Sebuah studi tahun 1980 oleh Dr Hostmark menunjukkan bahwa tikus yang makan 10 persen VCO menghasilkan lebih sedikit kolesterol buruk dan lebih banyak kolesterol baik dibanding tikus yang makanannya terdiri dari 10 persen minyak bunga matahari.

5. Antibiotik superEfek dari pengobatan modern adalah munculnya strain bakteri yang tahan terhadap antibiotik. Sebuah studi tahun 2005 oleh Georgetown University menunjukkan bahwa asam laurat dalam VCO mampu mengobati infeksi bakteri pada tikus lebih baik dari antibiotik biasa.

6. Baik Untuk ibu hamil dan menyusuiAnjuran orang tua zaman dulu untuk mengonsumsi minyak kelapa, ada benarnya karena minyak kelapa memiliki kandungan yang luar biasa. Selain mematikan berbagai mikroorganisme berbahaya kandungan MCFA ((asam laurat, asam kaprilat,asam kaprat,asam oleat, asam miristat,asam palmitat) dalam VCO juga memberikan energi yang dibutuhkan saat bayi mau lahir.

Beberapa pengalaman menyebutkan bahwa konsumsi VCO saat ibu hamil memberikan pengaruh yang sangat baik untuk bayi, bukan saja saat di dalam kandungan bayi lebih sehat, namun ketika lahir bayi dalam keadaan bersih dan sehat. Selain itu VCO membuat produksi ASI menjadi lebih banyak dan lebih berkualitas.

7. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah .Penelitian menunjukkan adanya hubungan penyakit jantung dan pembuluh darah & infeksi virus / bakteri yang akan menyebabkan pembentukan plak di pembuluh darah.. Karena VCO bersifat antibakteri / virus maka dapat membantu mencegah pembentukan plak dengan cara membunuh mikroorganisme p encetus timbulnya plak.

Selain itu, salah satu penyebab penyakit jantung adalah kadar kolesterol darah yang tinggi. Penumpukan kolesterol disebabkan konsumsi lemak yang berlebihan dalam menu sehari-hari sehingga kelebihannya disimpan dalam tubuh. Dalam VCO terdapat MCFA yang mudah dimetabolisme untuk menghasilkan energi tidak ditimbun sebagai lemak tubuh. S elain itu konsumsi rutin VCO juga mencegah terjadinya pengentalan darah (akibat agregasi trombosit) dan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis).

8. OsteoporosisOsteoporosis adalah merupakan penyakit degeneratif akibat kekurangan kalsium sehingga tulang menjadi keropos. Osteoporosis dapat disebabakan oleh radikal bebas yang teroksidasi pada proses pembentukan tulang. Radikal bebas dapat diatasi oleh kandungan lemak jenuh yang terkandung dalam VCO. Asam lemak dalam VCO berfungsi sebagai antioksidan sehingga akan melindungi tulang dari radik al bebas perusak tulang.

Salah satu antioksidan dalam VCO adalah senyawa sterol. Zat ini seperti lemak dan bermanfaat dalam pembentukan pregnenolon. Adapun fungsinya antar lain untuk memproduksi progesteron bagi wantia. Bagi wanita ketersediaan progesterone sangat penting karena ketidakseimbangan jumlah progesteron dan estrogen akan me nyebabkan osteoporosis.

Konsumsi VCO juga sagat baik membantu proses penyerapa mineral penting bagi tulang yaitu kalsium dan magnesium.

9. Diabetes Mellitus (Kencing Manis)Diabetes melitus dikenal juga sebagai kencing manis. Gejala kencing manis terutama terjadi akibat menumpuknya glukosa dalam darah sehingga dikeluarkan bersama urin. Dalam kondisi ini produksi insulin dari pankreas menurun sehingga metabolisme terganggu. 

Hal ini menyebabkan glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel sehingga konsentrasi glukosa darah meningkat. Timbunan glukosa tersebut tidak dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi dan akhirnya dibuang bersama urin.

Insulin berfungsi mengubah glukosa menjadi energi untuk sel. Glukosa darah tidak dapat langsung digunakan sebagai energi harus ditransfer terlebih dahulu ke dalam sel melalu proses oksidasi dalam sel. Selain itu insulin juga mengubah glukosa menjadi energi cadangan (glikogen dan lemak). Jika glukosa darah berlimpah akan diubah mejadi glikogen dan disimpan di hati dan otot. Sementara lemak disimpan dalam jaringan lemak. Kandungan MCFA dalam VCO mampu merangsang produksi insulin sehingga membantu proses perubahan glukosa menjadi energi untuk sel.

Kandungan Karbohidrat, Vitamin, dan Mineral Buah Kelapa
Setiap cangkir kelapa parut setidaknya mengandung karbohidrat total diatas 12 gr, dimana 7 gr-nya adalah serat dan 5 gr-nya adalah gula alami. Dan seperti yang telah anda pahami bersama bahwa serat adalah nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. 

Setiap orang dewasa dianjurkan untuk mengkonsumsi serat setidaknya 28 gr / hari. Sedangkan minyak kelapa tidak mengandung karbohidrat sama sekali. Karbohidrat sudah terbuang dengan sendirinya saat proses pembuatan minyak dilakukan.

Buah kelapa diketahui mengandung berbagai vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Vitamin-vitamin tersebut antara lain adalah vitamin B6, C, E, K, thiamin, niasin, riboflavin, kolin, asam pantotenat, dan asam folat. 

Sedangkan mineral yang terdapat dalam daging buah kelapa antara lain adalah kalsium, kalium, zat besi, mangan, magnesium, fosfor, tembaga, seng, natrium, dan selenium. Untuk minyak kelapa, semua kandungan vitamin dan mineral diatas menguap saat pemrosesan, namun sejumlah kecil jejak zat besi, kolin, vitamin E, dan vitamin K masih tetap dapat ditemukan.

Minyak Kelapa Murni dan Kolesterol
Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Kerala-India mencoba mengetahui hubungan antara minyak kelapa murni dan penurunan tingkat kolesterol. Dalam penelitian tersebut, subjek yang diminta mengkonsumsi minyak kelapa murni terbukti mengalami penurunan tingkat kolesterol total pada tubuhnya. Secara lebih spesifik, kolesterol LDL, kolesterol VLDL, dan kadar trigliserida, semuanya mengalami penurunan yang berarti. Dan yang lebih menakjubkan lagi, walaupun total kolesterol menurun, namun kolesterol HDL (kolesterol baik) justru mengalami sedikit peningkatan.

Fakta ilmiah ini tentu sangat cukup untuk membungkam salah kaprah yang disebarkan oleh media dan beredar di masyarakat selama ini. Lagipula, data statistik juga membuktikan jika masyarakat kepulauan yang lebih banyak mengkonsumsi buah kelapa dan olahannya justru mempunyai kesehatan jantung yang lebih baik. Namun penting untuk diperhatikan bahwa minyak kelapa murni (virgin coconut oil) adalah tidak sama dengan minyak goreng yang selama ini anda gunakan. Saya akan membahas lebih jauh tentang minyak kelapa murni dalam postingan selanjutnya.

CARA SEHAT MENGGUNAKAN KELAPA
Kelapa-berbuahUntuk menapatkan manfaat kesehatan dari kelapa dan mengurangi pengaruhnya yang berbahaya yang diakibatkan oleh lemak makanan lain, sebaiknya menggunakan minyak kelapa untuk masak dan untuk kebutuhan pembuatan makanan. Kebanyakan minyak kelapa mempunyai rasa yang sangat gurih dan dapat digunakan untuk jenis makanan apa saja. Dikarenakan minak kelapa mengandung lemak jenuh, panas pemasakan tidak menimbulkan radikal bebas seperti yang terjadi pada minyak sayur lain.

Untuk keperluan menggoreng, minyak kelapa mempunyai beberapa kelebihan yaitu tidak diserap kedalam makanan sebanyak seperti hanlnya minyak-minyak sayur lain dan tidak menguap bagitu banyak sehingga bisa digunakan berulang-ulang. 

Biasanya konsultan gizi tidak menganjurkan mengkonsumsi makanan gorengan karena kebanyakan minyak sayur menjadi beracun ketika digoreng, lain halnya jika anda memakai minyak kelapa, makanan gorengan justru bermanfaat asalkan tidak dipanaskan secara berlebihnan. Minyak apa saja , termasuk minyak kelapa, akan menghasilkan produk samping yang beracun kala dipanaskan secara berlebihan.

KANDUNGAN KELAPA
Daging kelapaTelah diketahui bahwa di dalam daging kelapa segar mengandung 33 % minyak. Penambahan kelapa pada setiap makanan yang kita makan dapat berpotensi memberikan perpanjangan umur yang cukup signifikan dalam kehidupan. Kelapa merupakan sumber serat yang baik, yang dikenal sangat bermnfaat untuk fungsi pencernaan yang benar. Kandungan serat yang dimilikinya bisa sampai 3 -4 kali jumlah kebnyakan buah-buahan dan sayuran.

Disamping kandungan serat, kelapa juga memberikan beberapa macam gizi yang diperlukan untuk kesehatan, karena mengandung protein sama anyaknya seperti pada kacang hijau, wortel dan kebanyakan sayur, kelapa mengandung banyak vitamin b1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, vitamin C, asam folik dan kalsium mineral, besi, magensium, fospor, potasium, sodium, seng dan sebagainya.

KELAPA DAN SAKIT JANTUNG
JantungMasyarakat yang banyak memanfaatkan kelapa sebagai bagian dari makanan mereka sehari-hari, justru mendapatkan resiko sakit jantung yang sangat kecil dan dipastikan mempunyai kandungan kolesterol yang relatif normal. Keterangan ini banyak didukung oleh observasi epidemilogis dari banyak penelitian. 

Kebanyakan dari masyarakat yang mengkonsumsi kelapa dalam jumlah banyak justru mempunyai kondisi kesehatan yang sangat baik. Sehingga dari bukti-bukti tersebut menunjukkan bahwa memang benar-benar tidak ada korelasi antara konsumsi kelapa dengan sakit jantung malahan justru kelapa sehat buat jantung.

Di Sri lanka, masyarakat di sana justru menggunakan kelapa sebagai sumber lemak utama untuk diet selama ribuan tahun. Konsumsi rata-rata pada masyarakat di negara ini dilaporkan sebesar 90 kelapa perkapita per tahun. 

Dilaporkan pula bahwa angka sakit jantungnya jauh lebih rendah dibandingkan angka sakit jantung penduduk yang tidak mengkonsumsi kelapa.
Jadi tak ada salahnya jika kita banyak mengkonsumsi kelapa karena sebenarnya memang banyak hal-hal positif yang dapat diperoleh dari kelapa. Dan tidak berlebihan juga kalau FDA (Food and Drug Administration) telah memasukkan minyak kelapa (khusunya) dalam daftar makanan yanga sangat dianggap aman.


*) Dari berbagai sumber

Posting Komentar

0 Komentar